twitter

TERIMAKASIH KEPADA SELURUH SAHABAT BLOGGER YANG TELAH BERKUNJUNG KEBLOG RAFLI SETIA ARTSA SEMOGA MERMAMFA'AT AMIN.....???

Berikut ini saya berbagi ilmu cara install windows xp via LAN bagi teman2 yang berlum tahu,silahkan bisa dicoba, gratis kok, hehehe...Install windows xp pada notebook lama yang tidak ada external CD/DVD dan tidak bisa bootingvia USB disk, maka kemungkinan untuk melakukan install ulang sistem operasi yaitu melakukanbooting dari jaringan.Disini dipersiapkan untuk melakukan instalasi windows di notebook.Beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu :1.

Komputer host sebagai server2.

PXE server3.

Image file untuk booting4.

Kabel UTP atau LANTahapan yang dilakukan yaitu :1.

Siapkan komputer host, yaitu komputer desktop kerja2.

Install PXE server softwarePXE server software yang dibutuhkan disini yaitu mempunyai fitur :a. DHCP server, agar komputer yang akan booting di LAN mendapatkan IP otomatisb. Bisa melakukan booting melalui LANSoftware yang dipakai yaitu tftpd32 yang dapat didownload di http://tftpd32.jounin.net atau langsung file berikut http://www.jounin.net/download/tftpd32.329.zip Lakukan berikut ini:a. Download file tersebt diatasb. extract semua file di c:\pxeserver3.

Download image fileImage file yang diperlukan disini yaitu bertujuan agar komputer dapat booting di DOSdengan fasilitas jaringan aktif.
File image dapat didownload di NU2, yaitu “BFD full package

v1.0.7.zip” dengan alamat
website http://www.nu2.nu/bootdisk/network/ Lakukan berikut ini :a. extract file di folder c:\pxeserver\imageb. buat image dengan cara berikut ini:- cd c:\pxeserver\image- bfd -i c:\pxeserver\bfd.imz -t 144 msnet target a:c. akan diperoleh file image di c:\pxeserver\bfd.imz dengan ukuran 1,44 Mb4.

Setup PXE servera. jalankan program c:\pxeserver\tftpd32.exeb. Pilih tabulasi DHCP server, dan isikan variabel DHCP server, misal :- Current direktori : sesuai tempat install- alamat komputer : 192.168.7.12- alamat DHCP yang diinginkan mulai dari 192.168.7.200 sebanyak 5 alamat (7.200

7.204)- Boot file diisi dengan : pxelinux.0- DNS server : dikosongkan (0.0.0.0)- Router dan network mask diisi sesuai dengan parameter jaringan.- klik tombol save agar tersimpan setupnya


c. Seting tftpd32- klik tombol settings-
Pastikan isi base direktori adalah “.”
- Isian lainnya adalah default

0 comments:

Post a Comment